Rabu, 23 Mei 2012

Warga dukuh Wates Desa Getas Bawang inginkan jalan lebar

 
Batang-Hidup bermasyarakat "Guyup rukun tata tentrem karta raharja" pasti didambakan semua orang, dan itu merupakan falsafah jawa yang lekat dihati para warga. Untuk mewujudkan cita-cita mendapatkan jalan lebar warga pedukuhan Wates Desa Getas Kecamatan Bawang kabupaten Batang melakukan kegiatan gotong royong, bahu-membahu memperlebar dan mengembalikan kondisi jalan yang semula lebar namun sudah beberapa tahun kondisi jalan terlihat sempit. Hingga akhirnya warga dusun wates bergotong royong memperlebar jalan agar kembali ke tatanan semula.

Jalan yang semula lebar hingga saat ini kondisi jalan menyempit diakibatkan longsoran tanah juga permukaan jalan dengan tanah lebih tinggi dengan tanah diatasnya, hal itu disebabkan pada saat terjadi hujan longsoran tanah yang berada di tepi jalan merupakan jalan yang melewati areal persawahan. Sehingga tanah mudah longsor menutupi badan jalan serta menumpuk tiap tahunnya.

"Memang jalan ini semula lebar, namun hingga beberapa tahun terakhir, jalan tersebut jadi menyembit akibat longsoran tanah yg berada di atas badan jalan, sebab sepanjang jalan ini kurang lebih 1 Km melewati areal persawahan. Kami mengajak para warga untuk melakukan gotong royong melakukan pelebaran jalan agar mudah dilewati kendaraan roda empat," tandas Kades Getas Widodo.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut ternyata juga mendapat respon positif dari Muspika Kecamatan Bawang, nampak Camat Bawang, Kapolsek Bawang, Danramil Bawang beserta seluruh anggota dan jajarannya ikut membantu adanya kegiatan tersebut. Terlebih semua anggota Koramil 04 Bawang yang sudah sejak pagi sambil membawa cangkul untuk membantu para warga melakukan gotong royong pelebaran jalan. 

Ukuran jalan sebelum di rubah hanya memiliki lebar 1 meter kini menjadi  3, 8 meter sepanjang 1 Km. Dengan demikian butuh tenaga ekstra daam melakukan upaya pelabaran jalan tersebut. "Rencana kedepan jalan yang sudah dilebarkan akan dibuatkan saluran drainase serta dibuatkan talut sebagai tanggul pembatas jalan dengan areal persawahan agar nantinya jalan terlihat lebar dan saluran air bisa terkontrol, selain itu mudah-mudahan kedepan ada bantuan dari pemerintah daerah yang bisa disumbangkan untuk desa kami,"imbuh widodo.

"Kami merasa senang dapat meringankan pekerjaan para warga, sebab terlihat para anggota TNI juga segenap Muspika Kecamatan Bawang guyup rukun bahu membahu bekerja bersama warga, ini merupakan bentuk pengabdian kami sebagai anggota TNI yang juga merupakan bentuk kemanunggalan TNI bersama masyarakat,"tandas Letkol Aminton Manurung, S.IP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar