Rabu, 23 Mei 2012

Geliat Warga bersama TNI bangun akses jalan menuju Wisata Banyu Anget


Batang-Usaha untuk menggeliatkan perekonomian desa ternyata bisa melalui aset desa yang dapat ditonjolkan, suatu contoh desa Sangubanyu yang merupakan desa paling timur diwilayah kecamatan Bawang Kabupaten batang, merupakan perbatasan wilayah dengan Kabupaten Kendal.

Aset yang dipunyai Desa Sangubanyu yakni Wisata Banyu Anget yang berlokasi di Dk. Pesanggrahan Ds. Sangubanyu Kec. Bawang Kab. Batang ini banyak menyimpan kenangan. Para pelancong dapat menikmati keindahan dan manfaat dari hasil mandi banyu anget ini banyak dirasakan oleh para pengunjung.

Ditengah-tengah pengelolaan banyu anget pihak pengelola bersama dengan warga dibantu oleh pihak TNI Kodim 0736 Batang dalam kegiatan Karya Bahkti Gabungan 4 Koramil yakni koramil 04/Bwg, Koramil 05/RBN, Koramil 07/Blado, Koramil 09/Bandar mereka bahu-membahu membantu warga masyarakat untuk membuka akses jalan baru menuju wisata Banyu Anget.

"Ini merupakan bentuk kedekatan para Anggota TNI serta wujud kepedulian dan kemanunggalan TNI bersama Warga Masyarakat bahwa TNI siap membantu Warga Masyarakat,”tandas Danramil 04/Bwg Kapten Inf. Tri Suparno.

Karena dengan upaya karya bhakti tersebut dapat menciptakan serta meningkatkan perekonomian warga masyarakat terutama di sekitar obyek wisata Banyu Anget Sangubanyu. Pembangunan pembukaan Akses jalan yang merupakan area Wisata Banyu Anget ini dirasa sangat membantu dalam pengembangan wilayah wisata Banyu Anget.

Kegiatan yang berlangsung hanya dalam waktu 1 Hari tersebut mendapat perhatian masyarakat sekitar, sebab kedatangan para Anggota TNI tersebut juga bukan hanya membantu secara fisik saja, namun Anggota TNI dari jajaran Kodim 0736/BTG juga membantu memberikan bibit Pohon Trembesi sebagai tujuan reboisasi atau penghijauan lahan guna kelangsungan hidup lingkungan sekitar.

Semangat serta antusias para warga masyarakat yang dibantu anggota TNI dalam bergotong-royong sangat tinggi dan kompak. Kerukunan yang terjalin menumbuhkan kepercayaan serta kedekatan pihak masyarakat dengan para anggota TNI.

Kami mengucapkan banyak terimkasih kepada TNI yang telah membantu warga masyarakat untuk kegiatan ini, sebab Lahan seluas kurang lebih 1,5 Ha tersebut merupakan areal lahan wisata banyu anget, maka jika segala sesuatu dikelola dengan baik pasti akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berguna juga,"ujar Kades Sangubanyu Supriyanto SH.

Saat ini wisata banyu anget  dikelola oleh pemerintah desa Sangubanyu, dan kami tengah mengusulkan kepada menteri pemberdayaan lingkungan dan SDA baru-baru ini, pihak kementerian juga sudah menyetujui proposal yang kami ajukan untuk segera ditindak lanjuti,"terang Supriyanto SH.

Selama ini Obyek Wisata Banyu Anget sudah banyak dikenal orang akan wisata tersebut, pasalnya para pengunjung bukan hanya dari dalam daerah, namun hingga luar daerah mereka juga sering datang ke lokasi tersebut.

Camat Bawang Ullul Azmi AP MM menjelaskan bahwa pengelolaan yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dapat menjadikan simpul tali perekonomian tersendiri dalam meningkatkan potensi alam daerah sekitar untuk bisa menjadi peranan sebagai Desa Wisata,"jelasnya.
Dengan demikian para pelaku bisnis dapat menjadi investor untuk ikut mengembangkan potensi alam pedesaan yang mampu bersaing dengan oyek wisata lainnya.*Adye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar