Rabu, 23 Mei 2012

Pramuka, Wahana Pendidikan Karakter Bangsa

 
Tersono-Gerakan Pramuka merupakan lembaga pendidikan yang berperan untuk melengkapi pendidikan formal kepada generasi muda. " Karena itu Pramuka dinilai mempunyai andil yang besar dalam pembentukan karakter bangsa," jelas Ketua Kwarran Tersono Drs Bambang Urip Widigdo MM, saat pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing dan Pengurus / Andalan Gerakan Pramuka Kwarran Tersono masa bhakti 2012-2014, yang bertempat di pendopo balai pertemuan kecamatan Tersono, Jumat (13/4).    

Gerakan Pramuka juga bagian dari organisasi kepanduan dunia yang digagas oleh seorang Letnan Inf Lord Baden Powell di Inggris. "Gagasan Baden Powell adalah nilai-nilai universal diantaranya tentang kemanusiaan, persaudaraan, nasionalisme dan penyiapan masa depan generasi muda".

"Upaya untuk menanamkan pendidikan karakter bangsa agar terus di lakukan terhadap peserta anak didik, sebab peserta didik merupakan aset bagi kelangsungan bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45, kedepan generasi penerus mempunyai semangat dan jiwa nasionalisme sesuai cita-cita perjuangan bangsa,"tandas Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tersono Drs Rusmanto MSi yang juga selaku camat Tersono.

Ketua Kwarcab Kabupaten Batang Iman Noegroho S.Sos mengatakan dalam UU No 12/2010, Gerakan Pramuka mempunyai tujuan yakni sebagai sarana mencetak kader pemimpin dan penerus bangsa, sebagai wahana pendidikan karakter bangsa dan pendidikan keterampilan hidup atau life skill, seusai pelantikan pengurus Andalan Kwarran Tersono.

Sesuai Surat Keputusan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Batang Nomor 03 tanggal 13 April Tahun 2012, Susunan pengurus yang dilantik yaitu Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Drs Rusmanto MSi yang juga Camat Tersono, Wakil Ketua Mabiran Kapolsek Tersono AKP Suwandi, Danramil 06 Tersono Kapten Inf Bardi serta Ketua Kwarran Tersono Drs Bambang Urip Widigdo MM yang juga selaku Sekcam Tersono. (Adye)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar