Jumat, 27 Juli 2012

Pasokan terbatas harga Emping melinjo Melambung

Beberapa aneka olahan emping melinjo yang siap dipasarkan


Batang-Menjelang Ramadhan makanan ringan emping melinjo limpung Batang menjadi naik akibat terbatasnya bahan baku. Produksi emping melinjo yang biasanya naik 10 hingga 50 Ton per bulan kini turun hanya menjadi 8 hingga 10 ton per bulan. Hal tersebut membuat para produsen pengrajin menjadi kewalahan dalam melayani permintaan pasar luar. Padahal pasar luar kota sangat banyak, Kini para produsen pengrajin emping melinjo seperti menjadi tidak stabil dalam memberikan harga di pasaran. (20/7)

Suatu contoh Ibu haji Mugi (55) salah satu produsen pengrajin emping melinjo Limpung diantara yang lain sering kewalahan dalam melayani penjualan emping melinjo. Permintaan pasar akan emping melinjo sangat tinggi, bukan hanya lokal daerah saja, namun hingga di luar kota hingga antar pulau. Hasil Produksi emping melinjo buatannya biasa ia kirim di daerah Sumatera, Jakarta, Semarang hingga surabaya dan pulau Bali.

Emping Melinjo buatannya beraneka ragam jenis maupun bentuknya. Ada isitilah emping lokal biasa (LB) dan Lokal super (SP). Harganya juga bervariasi. Menjelang ramadhan kali ini harga emping melinjo antara yang lokal biasa dan lokal super relatif hampir sama yakni mencapai 29 hingga 30 ribu/Kg. Namun pada saat hari-hari biasa harga tersebut bisa turun menjadi 21-22 ribu/Kg. Sebenarnya harga emping melinjo dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya banyak sedikitnya pasokan bahan baku melinjo yang didatangkan dari daerah Banten, cirebon, bogor, djogja. Selain itu juga semakin kering emping melinjo dengan kadar air yang rendah maka semakin mahal pula harga emping melinjo tersebut. Pengaruh kadaluarsa emping hingga mencapai 7-8 bulan.

Produsen emping melinjo seperti ibu haji mugi boleh dibilang sukses, dengan mempunyai beberapa karyawan hingga 15 orang. Selain itu juga produksi emping melinjo miliknya telah mempunyai pangsa pasar yang cukup luas, dalam kota hingga luar kota bahkan hingga mencapai luar jawa seperti Sumatera, Sulawesi, surabaya dan Bali. Melinjo yang telah dibuat menjadi emping setelah dilakukan pengeringan dan penjemuran untuk menurunkan kadar air, lalu dikemas dengan cara di packing sesuai berat masing-masing jenis. Pada umumnya emping melinjo di packing dengan kuantitas 5 kg hingga 10 kg dengan menggunakan kardus. Kemudian dilakukan pengiriman ke berbagai permintaan pangsa pasar di dalam hingga luar kota.

Untuk membuat emping melinjo biasanya dilakukan oleh warga sekitar sebagai pengrajinnya. para pengrajin mendapatkan upah buruh dari hasil kerjanya. Setiap per kilo gram melinjo para pengrajin mendapatkan upah sebanyak 7 ribu/kg. Para pengrajin biasa mengambil bahan baku melinjo ditempatnya yang akan dijadikan emping sebanyak 10 hingga 30 kg. "Sekitar 2 bulan lalu harga melinjo bahan baku emping sangat tinggi hingga mencapai 11-13 ribu/Kg, namun saat menjelang ramadhan kali ini kami sering kewalahan akibat minimnya dan terbatasnya pasokan melinjo yang didatangkan, akhirnya harga bahan baku emping melinjo menjadi tidak stabil,"jelas Haji Mugi.

Olahan emping melinjo buatannya memiliki beraneka rasa, ada rasa manis, rasa pedas, rasa asin/gurih itu yang biasa dinamakan emping kletuk. Harga emping kletuk jika hari biasa seharga 22-23 ribu/Kg namun menjelang Ramadhan harga emping melinjo kletuk berkisar 26-27 ribu/Kg. 

Disela-sela kesibukannya menata emping yang akan dikirim ke luar, Salah seorang pembeli dan juga merupakan pelanggan tetap yakni Ibu Nursinah (54) bersama anaknya Rici (20) membeli emping melinjo untuk dijadikan oleh-oleh ke Sumatera daerah Padang Pariaman. "Saya sudah biasa membeli emping melinjo disini, selain rasa yang enak jenis empingnya sangat bagus untuk oleh-oleh keluarga, namun harga emping menjelang ramadhan berbeda dengan hari-hari biasa, walaupun berbeda kami sangat senang selain untuk dikonsumsi sendiri juga sebagai bahan oleh-oleh keluarga,"tutur NurSinah warga Sumatera yang sudah berdomisili di Limpung. * Adye

4 komentar:

  1. Mantap gan, salam kenal dari kami: http://www.empingmelinjo5s3.com/emping-melinjo-mantap-coy.html

    BalasHapus
  2. bisa minta no hp Ibu haji Mugi atau produsen empimng lainya di limpung pak? sy mau kerjasama tq

    BalasHapus