Senin, 30 Juli 2012

Clinic Drive True (CDT) Terobosan baru pelayanan jelang arus mudik


Batang-Untuk mengantisipasi keselamatan dan kenyamanan terhadap para pemudik, kini pihak jajaran polres Batang tengah menyiapkan segala bentuk persiapan secara menyeluruh. Mulai dari fisik hingga non fisik dan bekerjasama dengan dinas Bina Marga setempat. Pada umumnya setiap menjelang mendekati hari raya lebaran idul fitri 1433 H tahun ini jumlah tingkat pengguna jalan pantura khususnya naik pesat disaat arus mudik tiba.  (30/7)

Penataan ruang dan badan jalan serta median jalan kini terus menerus disiapkan agar nantinya para pemudik yang menggunakan jalan tersebut bisa terjaga tingkat kenyamanan juga keselamatan. Pemasangan rambu-rambu lalu lintas dan seluruh marka jalan diperjelas semua. Di setiap pos-pos pelayanan lalu lintas juga disediakan beberapa layanan informasi, jasa ruang tunggu sebagai tempat istirahat juga didirikan beberapa tenda yang nantinya dapat digunakan bagai para pemudik yang ingin istirahat.

Guna mengurangi terjadinya laka (Kecelakaan Lalulintas) maka, diwilayah kabupaten Batang sendiri sudah ditetapkan beberapa tempat yang nantinya digunakan sebagai pelayanan pos lalu lintas guna menertibkan operasi candi ketupat tahun 2012. Pos tersebut juga sebagai sentra pelayanan pantauan selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Adapun pos-pos tersebut disebar di 5 titik daerah rawan laka, yakni Pos 1 Kuto sari, Pos II Luwes, Pos III Banyuputih, Pos IV Pucung kerep, Pos V Alun-alun Batang.

Ditahun ini pihak Polres Batang Kapolres AKBP Toni Harsono SIP bersama jajarannya didampingi oleh Kasatlantas AKP Sumiarta dan Kanit Laka Polres Batang Iptu Teguh Siswaya yang saat itu sedang meninjau lapangan tentang kesiapan disetiap pos lalu lintas yang nantinya dapat digunakan sebagai ruang keselamatan bagi para mudik. Di sela-sela pengecekan pos II di Luwes Plelen, Kapolres Batang menyampaikan bahwa di tahun ini nantinya akan dibuat terobosan baru yakni tentang pelayanan jaminan kesehatan dan keselamatan bagi para pemudik dengan adanya Clinic Drive True (CDT).

Dengan adanya Clinic Drive True (CDT) setidaknya ada pelayanan khusus akan keselamatan dan kenyamanan yang nantinya dapat dirasakan oleh para pemudik. Suatu contoh pelayanan yang diberikan melalui CDT yakni adanya pengecekan tingkat kestressan bagi para pengendara dapat dilihat melalui komputerisasi. Antisipasi itu dilakukan berkenaan dengan kebiasaan bagi para pengendara yang kurang kontrol terhadap kesehatan badan dan kesiapan dalam berkendara. Untuk itu pihak Polres Batang menggelar stand khusus yang nantinya dapat digunakan sebagai ruang cek kesehatan. Stand khusus untuk pelayanan CDT rencananya akan ditempatkan di dua titik yakni di Pos II Luwes Plelen saat arus mudik dan Pos V Alun-alun Batang saat arus balik nantinya.

"Kami sengaja membuat terobosaan dengan adanya pelayanan klinik khusus tersebut, selain adanya pos-pos pelayanan kesehatan dari dinas kesahatan, untuk memberikan pelayanan yang lebih maka kami bekerjasama dengan RS. QIM Batang yang nantinya akan siap memberikan pelayanan bagi para pemudik agar terjaga tingkat kenyamanan dan keselamatan. Dan itu merupakan terobosan yang baru di jawa tengah ini,"tandas Kapolres AKBP Toni Harsono SIP.  
*Adye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar