Jumat, 27 Juli 2012



Batang-Peristiwa ambrolnya tanggul penahan jalan di ruas jalan Sukorejo-Bawang tepatnya di daerah desa Jlamprang akibat hujan deras yang mengguyur sore hari kemarin. (Jumat 8/6).
Saluran drainase tersumbat menjadi tidak lancar. Bukan hanya itu saja banyak bebatuan kecil seperti koral berserakan di tengah jalan. Hal itu bisa mengakibatkan terjadinya kecelakaan bagi para pemakai jalan.

Padahal jalan jurusan Sukorejo Bawang belum lama ini baru saja diperbaiki ulang dengan menggunakan anggaran provinsi dan juga APBD tahun 2011/2012. Bukan laiknya jalan melainkan seperti hamparan sungai kering. Pagi-pagi petugas dari dinas DPU dan Bina Marga bekerja keras bahu membahu membersihkan serakan bebatuan yang menumpuk disepanjang jalan tersebut.

Tanggul penahan jalan sebagai pembatas aliran saluran drainase harus secepatnya diperbaiki. Kini pihaknya tengah mengusahakan atas perbaikan ambrolnya tanggul penahan jalan tersebut. Sebab jika tidak segera diperbaiki maka dengan melihat kondisi alam yang terkadangf hujan tidak menentu bisa mengakibatkan lebih parah kerusakan yang akan dihadapi. Sebagian jalan akan terkikis oleh aliran sungai yang mana saluran drainasi tidak lancar.

Belum lama ini juga banyak para pemakai jalan yang mengalami kecelakan ringan. Namun jika tidak segera ada penanganan maka akan lebih memperparah keadaan. Sebab jalan tersebut masih baru. "Kami mengharapkan agar bagi para pemakai jalan agar lebih berhati-hati dalam berkendara,"tutur Sumadi selaku petugas Dinas DPU dan Bina Marga wilayah III Bawang.

Sepanjang jalan untuk wilayah jurusan Sukorejo Bawang memang kondisi jalan mudah rusak. Hal itu diakibtkan beberapa saluran drainase disepanjang jalan kurang rapi. Akibatnya setiap dimusim penghujan, luapan air dengan mudahnya menggenangi badan jalan disepanjang ruas. Dengan demikian jalan aspal yang tadinya bagus mudah tergerus dan berlubang. Akibat dari kondisi parahnya jalan tersebut, maka kejadian semisal kecelakaan antar pengguna/pemakai jalanpun sering terjadi. 

Butuh penanganan serius dalam menangani masalah jalan, terutama bagian saluran drainase di pinggir sepanjang jalan harus benar-benar diperhatikan. Agar Saluran air tidak tersumbat juga kondisi jalan tetap awet dan terjaga. (Adye)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar